Ø Sebuah anggaran penjualan adalah
jadwal rinci menunjukkan penjualan yang diharapkan untuk periode anggaran;
biasanya, dinyatakan dalam dolar baik dan unit produksi. Sebuah anggaran
penjualan yang akurat adalah kunci untuk seluruh penganggaran dalam beberapa
cara. Jika anggaran penjualan dilakukan sembarangan maka sisa dari proses
penganggaran sebagian besar buang-buang waktu.
Anggaran penjualan akan membantu menentukan
berapa banyak unit akan harus diproduksi.Jadi,anggaran produksi disusun setelah
anggaran penjualan.Anggaran produksi pada gilirannya digunakan untuk menentukan
anggaran untuk biaya produksi termasuk anggaran bahan langsung,anggaran tenaga
kerja langsung,dan anggaran biaya overhead pabrik.Anggaran ini kemudian
dikombinasikan dengan data dari anggaran penjualan dan anggaran biaya penjualan
dan administrasi untuk menentukan anggaran kas.Pada dasarnya, anggaran
penjualan memicu reaksi berantai yang mengarah ke pengembangan dari anggaran
lainnya. Anggaran beban penjualan dan administrasi adalah baik tergantung pada dan
penentu anggaran penjualan.Hubungan timbal balik muncul karena sebagian
penjualan akan ditentukan oleh dana yang dialokasikan untuk iklan dan promosi
penjualan.
Ø Anggaran penjualan adalah titik
awal dalam penyusunan anggaran induk. Semua item lain dalam anggaran induk
termasuk produksi, pembelian, persediaan, dan biaya, tergantung pada dalam
beberapa cara. Anggaran penjualan dibangun dengan mengalikan penjualan
dianggarkan dalam unit dengan harga jual.
"ANGGARAN PRODUK"
"ANGGARAN PRODUK"
Setelah anggaran
penjualan tersusun,langkah selanjutnya adalah penyusunan anggaran
produk.Rencana penjualan secara lengkap harus disampaikan pada manajemen untuk
dijabarkan menjadi program produksi yang sejalan dengan tujuan perusahaan yang
telah ditetapkan sebelumnya.
PENGERTIAN
Anggaran Produk merupakan suatu rencana
yang disusun secra sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit
moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untk jangka waktu
tertentu dimasa yang akan datang.Penganggaran produk merupakan komitmen resmi
manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan,biaya dan
beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu dimasa yang akan datang.
Manfaat anggaran produk yaitu usaha-usaha
perusahaan akan lebih banyak berhasil apabila ditunjang oleh
kebijaksanaan-kebijaksanaan yang terarah dan dibantu oleh perencanaan yang
matang.Perusahaan yang cenderung memandang kedepan,akan selalu memikirkan apa
yang mungkin dilakukan pada masa yang akan datang.Sehingga dalam pelaksanaannya
perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana yang telah disusun
sebelumnya.
Tujuan Anggaran produk adalah:
Ø
Untuk menyatakan harapan atau sasaran perusahaan secara jelas
dan formal,sehingga bisa menghindari kerancuan dan memberikan arah terhadap apa
yang hendak dicapai manajemen.
Ø
Untuk mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak terkait
sehingga anggaran dimengerti,didukung,dan dilaksanakan
Ø
Untuk mengkoordinasikan cara atau metode yang akan ditempuh
dalam rangka memaksimalkan sumber daya.
0 komentar:
Posting Komentar