Kamis, 12 Mei 2016

TUGAS 2 BP4(KAMIS,12 MEI 2016) "PADA PERUSAHAAN JASA"


"BANK SINARMAS MISG"





PROFIL BANK SINARMAS MISG
Didirikan pada tahun 1989 berdasarkan Akta no. 52 tanggal 18 Agustus 1989 yang dibuat di hadapan Buniarti Tjandra, SH., Notaris di Jakarta, yang telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tertanggal 21 Oktober 1989. Pada awalnya pangsa pasar yang dibiayai adalah usaha kecil, menengah dan mikro; akan tetapi seiring dengan perkembangan usaha dan guna memenuhi kebutuhan para nasabah kegiatan usaha berkembang pada pembiayaan konsumer dan komersial.
Setelah 1(satu) tahun dari masa pengambilalihan, PT.Bank Sinarmas mengalami pertumbuhan usaha yang cukup mengembirakan, hal ini terlihat perbandingan pencapaian tahun-tahun sebelumnya dengan tahun 2006.
Untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan memperluas jaringan dilakukan pengembangan jaringan kantor yaitu pada akhir tahun 2005 jumlah jaringan kantor sebanyak 15 kantor bertambah menjadi 29 kantor per Maret 2007 yang tersebar hampir diseluruh propinsi di Indonesia dan telah terhubung secara real time on-line.
Dengan komitmen yang tinggi dari pemegang saham, pengurus dan karyawan Bank untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan standar yang paling tinggi kepada para nasabah disertai dengan struktur keuangan yang kuat akan menjadikan Bank Sinarmas sebagai Bank yang terpercaya.
Visi
Menjadi Bank terkemuka di Indonesia dengan jaringan distribusi yang terintegrasi dan layanan yang prima“.
Misi
1. Memperluas jaringan kantor.
2. Memperluas basis nasabah, mulai dari nasabah kecil hingga korporasi
3. Meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia dalam rangka memberikan layanan terbaik melalui payment system.



Secara umum penerapan prinsip-prinsip GCG di Bank Sinarmas antara lain:
1. Keterbukaan
a. Prinsip keterbukaan tetap memperhatikan ketentuan rahasia Bank, rahasia jabatan dan hak-hak pribadi sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.
b. Bank Sinarmas menyampaikan :
- Pengumuman Laporan keuangan publikasi triwulanan melalui paling kurang 1 (satu) surat kabar harian berbahasa Indonesia yang beredar Nasional; dan
- Laporan Tahunan Bank Sinarmas kepada Bank Indonesia, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Lembaga Pemeringkat di Indonesia, Asosiasi Perbankan di Indonesia, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 2 (dua) Lembaga Penelitian Ekonomi dan Keuangan, 2 (dua) Majalah Ekonomi dan Keuangan. 
2. Akuntabilitas
a. Bank Sinarmas menetapkan tanggung jawab yang jelas dari masing-masing organ Bank yang selaras dengan visi, misi, sasaran usaha dan strategi Bank Sinarmas.
b. Dalam pengelolaannya, Bank Sinarmas menerapkan check and balance system.
c. Bank juga memiliki ukuran kinerja dari semua jajaran berdasarkan ukuran yang disepakati konsisten dengan nilai-nilai Perusahaan (corporate values), sasaran usaha dan strategi Bank serta memiliki sistem reward dan punishment system.
d. Bank Sinarmas meyakini bahwa semua organ pada struktur organisasi Bank mempunyai kompetensi sesuai dengan tanggung jawabnya dan memahami perannya dalam implementasi GCG.
3. Tanggung Jawab
a. Bank Sinarmas berpegang pada prinsip kehati-hatian (prudential banking practices) dan menjamin kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.
b. Bank Sinarmas sebagai good corporate citizen peduli terhadap lingkungan dan melaksanakan tanggung jawab sosial secara wajar.
4. Kemandirian
a. Bank Sinarmas menghindari terjadinya dominasi yang tidak wajar oleh stakeholder manapun dan tidak terpengaruh oleh kepentingan sepihak serta terbebas dari benturan kepentingan (conflict of interest).
b. Bank Sinarmas mengambil keputusan secara obyektif dan bebas dari segala tekanan.
5. Kewajaran
a. Bank Sinarmas memberikan kesempatan kepada seluruh stakeholders untuk memberikan masukan dan menyampaikan pendapat bagi kepentingan Bank Sinarmas serta mempunyai akses terhadap informasi sesuai dengan prinsip keterbukaan.
b. Dalam rangka menerapkan prinsip kewajaran (fairness), Bank Sinarmas memperhatikan hak-hak dan perlakuan yang sama terhadap semua pemegang saham sesuai dengan klasifikasi.
c. Bank Sinarmas memperhatikan kepentingan seluruh stakeholders berdasarkan asas kesetaraan dan kewajaran (equal treatment).

TUGAS UTAMA /JOB DESCRIPTION:
¢  Keuangan:
Bertanggung jawab terhadap semua transaksi yang terjadi,memastikan kebenaran semua dana ,membuat laporan.
¢  Pemasaran:
Melakukan upaya pemasaran untuk meningkatkan penjualan  produk ,bekerja sama dengan direksi dalam rangka memperluas jaringan pemasaran dan berupaya meningkatkan pangsa pasar dan produk.
¢  Personalia:
Menyiapkan dokumen penting,membantu kelancaran direksi dibidang personalia.
¢  Produksi:
Membuat perencanaan,pengembangan menjaga sistem


 STRUKTUR ORGANISAS



Penjelasan Singkat Jenis Fasilitas & Penghasilan
A.    Komisi Uang Tunai / Cash.
Hingga saat ini minimal ada 6 (enam) sumber penghasilan uang cash, yaitu:
1.Komisi Penjualan Langsung. Yaitu komisi atas terjadinya penjualan/pembukaan polis asuransi baru (pertama kali) dari nasabah baru yang dilakukan seorang agen secara langsung kepada calon nasabah (direct selling).
2.Komisi Atas Pembayaran Premi Lanjutan (repeat order otomatis). Diperoleh dari pembayaran premi lanjutan atau perpanjangan polis nasabah  sesuai kontrak asuransinya. Misalkan: jika preminya dibayar bulanan, maka agen asuransinya pun akan menerima komisi secara bulanan setiap nasabahnya melakukan pembayaran lanjutan. Demikian juga berlaku untuk pembayaran yang dilakukan setiap 3 bulanan, 6 bulanan, tahunan, atau sekaligus (satu kali saja).
3.Overriding (OR). Yaitu komisi atas komisi yang diterima oleh agen rekrutan dari seorang agen. Penghasilan ini diperoleh hanya jika seorang agen telah memiliki agen yang direkrut di bawahnya, dan agen yang direkrutnya tersebut telah mendapatkan komisi penjualan produk tertentu.
4.Re-Overriding (ROR). Hampir sama dengan Overriding, namun didapat dari agen-agen di bawah agen yang direkrutnya secara langsung tadi. Agen yang ingin mendapatkan komisi cash jenis ini minimal telah satu level di atas marketing pemula atau minimal telah mencapai level manager pemula (misal Unit Manager/UM).
5.Bonus Pencapaian Target Omzet Periode Berkala. Yaitu bonus uang cash yang akan diberikan jika dalam periode yang telah ditentukan mampu mencapai omzet tertentu.
6.Bonus / Komisi Jabatan, biasanya minimal telah mencapai level managerial tingkat pemula (contoh: Unit Manager/UM).
7.Bonus Royalty. Yaitu bonus pembagian keuntungan (semacam bagi hasil) dengan prosentase tertentu dari perusahaan. Bonus jenis ini hanya diberikan pada level-level tertinggi saja dari masing-masing Agency.
  SOP
Agen menemui nasabah----Nasabah setuju----Agen membuatkan proposal----Nasabah membayar langsung ke bank dengan menggunakan virtual account.
 
PROSEDUR PADA MASING-MASING BIDANG:
¢    Keuangan:
   Pembayaran:Setiap nasabah langsung menyetorkan pada sinarmas(langsung via bank)melalui rekening virtual account.
   Penggajian:Kalau untuk karyawan & admin(gaji tetap)dan untuk agensi (komisi)
 Transaksi:Jika pada saat prospekting nasabah setuju untuk pembuatan polis tsb.dan nasabah melakukan virtual account.
¢    Personalia 
 Job street,(mem-power)mencari karyawan tetap
¢    Pemasaran:
  Terjun kelapangan untuk mencari nasabah
  Dalam bentuk;Agen(mensosialisasikan),Iklan,Sosmed
¢    Produksi:
Pendidikan(secular sift),
Kesehatan,
Tabungan hari tua(tambahan dana pensiun),
Produk Religi(umroh),
Rumah,
Generali(melakukan transaksi secara Tahunan)



0 komentar:

Posting Komentar